BAGJAIKI
Blog Universitas Komputer Indonesia

APA SIH ITU "TELEPON" ??

APA SIH ITU "TELEPON" ??

 

 

SEJARAH TELEPON

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal elektrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainya.


Alexander Graham Bell, Penemu Telepon

Saat ini komunikasi antar manusia makin mudah karena udah ada fasilitas telepon yang sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari. Lalu siapa tokoh yang paling berjasa dibalik penemuan telepon? Dia adalah Alexander Graham Bell yang pertama kali menemukan alat komunikasi ini.

Bell lahir pada tanggal 3 Maret 1847 di Edinburg, Scotland. Bell berasal dari keluarga yang sangat mementingkan pendidikan. Ayahnya adalah seorang psikolog dan elocution bernama Alexander Melville Bell, sedangkan kakeknya Alexander Bell merupakan seorang elucution professor.

Setelah menyelesaikan kuliahnya di University of Edinburg dan University College di London, Bell memutuskan buat menjadi asisten ayahnya. Dia membantu orang-orang yang cacat pendengaran untuk belajar berbicara dengan metode yang telah diterapkan oleh ayahnya, yaitu dengan memperhatikan posisi bibir dan lidah lawan bicara.


Perkembangan awal

• 1871, Natonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel.

• 1875, perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucci yang disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit.

• 1876, perusahaan Bell mematenkan Improvement in Telegraphy. Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.

• 1877, The Charles Williams Shop merupakan tempat dimana telepon pertama kali dibuat dengan pengawasan Watson, yang selanjutnya menjadi departemen riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut. Alexander Graham Bell terus memantau produktivitas perusahaan tersebut sehingga pada akhir tahun sebanyak tiga ratus telepon dapat digunakan. Perusahaan Bell juga telah mematenkan telepon electro-magnetic yang menggunakan magnet permanen, diafragma besi, dan dering panggilan.

• 1878, papan pengganti secara manual ditemukan sehingga memungkinkan banyak telepon terhubung melalui sebuah saluran pertukaran. dibawah kepemimpinan Theodore N. Vail, perusahaan Bell mempunyai 10.000 telepon yang dapat digunakan.

• 1880, sirkuit metalic pertama dipasang. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit one-wire menjadi two-wire. Perbaharuan ini membantu mengurangi gangguan yang seringkali dirasakan dengan penggunaan jalur one-wire.

• 1891, telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan. Telepon akan bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi.

• 1915, telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara.


Perkembangan Lanjutan


Princess Phone

Awal telepon sebagai alat komersial

• 1940, telepon mobile pertama kali digunakan secara komersial. Inovasi ini sebelumnya digunakan sebagai alat bantu perang untuk membidik tembakan dan meningkatkan kualitas radar. Selesai perang, ratusan telepon dipasang dengan menggunakan sistem ini. Microwave radio dipasang untuk hubungan jarak jauh.

• 1959, telepon Princess pertama kali diperkenalkan

• 1963, telepon dengan tombol bersuara diluncurkan

• 1971, perusahaan telekomunikasi mandiri diizinkan untuk mengemangkan sistem komunikasi yang dikembangkan untuk bisnis. Berjuta-juta saluran telepon telah digunakan masyarakat.

• 1983, Judge Harold Greene dengan sukses mengungguli perusahaan Bell yang sebelumnya telah dicabut hak monopolinya.

• 1899, AT&T atau The American Telephone and Telegraph Company telah mandapatkan asset dan mendapatkan hak paten dari perusahaan American Bell. AT&T didirikan tahun 1885 sebagai pemilik keseluruhan subsidi dari American Bell yang bertugas mendirikan dan mengoperasikan jaringan telepon jarak jauh.

• 1913, amplifirers elektric pertama kali dipraktekkan oleh AT&T. sistem ini memungkinkan adanya hubungan telepon antar-benua.

• 1927, AT&T memulai proyek layanan telepon lintas-atlantik di London dengan menggunakan dua jalur radio. Namun proyek ini masih jauh dari ideal karena banyak terjadi gangguan dalam radio, memiliki kapasitas yang kecil, dan biaya teleponnya yang mahal. Kemudian proyek ini dipindahkan menjadi lintas-pasifik pada tahun 1964.

• 1969, pengguna telepon di Amerika telah mencapai 90%. AT&T menjadi laboratorium sistem telepon paling baik di dunia.

• 1990, pertumbuhan komputer yang kemudian disusul dengan munculnya internet membuat pola pengiriman pesan bergeser dari percakapan menjadi pengiriman data.


Telepon digital

Public Switched Telephone Network (PSTN) dilakukan berdasarkan hubungan langsung antara sender dengan receiver yang harus menggunakan kabel tembaga, serat optic, satellite, fixed wireless, dan mobile wireless circuit. Penggunaan jaringan tersebut melibatkan komponen dasar yaitu telepon, network access, central office (CO), trunks and special circuit, dan customer premise equipment (CPE).perkembangan PSTN sebagai sistem telepon digital telah meningkatkan kapasitas dan kalitas jaringanya sehingga memungkinkan untuk menggunakan beberapa saluran komunikasi dalam sebuah medium pertukaran.

Telepon IP

telepon IP (Internet Protocol) merupakan telepon teknologi baru yang menggunakan internet protocol dalam pengoperasiannya. Telepon IP ini dapat digunakan untuk memindahkan hubungan untuk mengganti suara, mengirim fax, paket video, dan bentuk penyampaian informasi lainnya yang telah digunakan pada sistem telepon terdahulu. Telepon IP menggunakan koneksi internet untuk mengirimkan data. Dalam perkembangannya, layanan telepon IP akan bekerja sama dengan perusahaan telepon lokal, provider jarak jauh seperti AT&T, perusahaan TV cabel, Internet Service Providers (ISPs), dan operator layanan wireless. Telepon IP merupakan bagian penting dalam penggabungan antara komputer, telepon, dan televise dalam satu lingkungan komunikasi. VoIP (Voice over IP) adalah pengorganisasian untuk menstandardisasi telepon IP. VoIP digunakan sebagai landasan untuk unified message (UM) dan unified communications (UC). Tanpa VoIP, integrasi dari berbagai program server akan sulit dilakukan. Jaringan yang ada pada IP bukan tipe yang siap untuk menghadapi lalu lintas VoIP sistem LAN harus dibagi antara VLAN dengan pesan suara dan data.


MEKANISME


Telepon Kabel

Ketika gagang telepon diangkat, posisi telepon menjadi off hook. Lalu sirkuit terbagi menjadi dua jalur dimana bagian positifnya akan berfungsi sebagai Tip yang menunjukkan angka nol sedangkan pada bagian negatif akan berfungsi sebagai Ring yang menunjukkan angka -48V DC. Kedua jalur ini yang nantinya akan memproses pesan dari sender untuk sampai ke receiver. Agar dapat menghasilkan suara pada telepon, sinyal electrik ditransmisikan melalui kabel telepon yang kemudian diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh telepon receiver. Untuk teknologi analog, transmisi sinyal analog yang dikirimkan dari central office (CO) akan diubah menjadi transmisi digital. Angka-angka sebagai nomer telepon merupakan frekuensi tertentu yang memiliki satuan Hertz. Hubungan utama yang ada dalam sirkuit akan menjadi on hook ketika dibuka, lalu akan muncul getaran. Bunyi yang muncul di telepon penerima menandakan telepon telah siap digunakan.

1




Telepon Seluler

Telepon seluler menggunakan sistem wireless. Pengirim dan penerima harus tetap tercakup BTS (Base Transceiver Station ). BTS adalah peralatan yang memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Cara kerja telepon seluler wireless antara lain :


a. suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone

b. microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik dan kemudian  dipancarkan oleh pnsel ke BTS terdekat

c. sinyal tersebut diterima oleh BTS dan sinyaL tersebut diteruskan ke pusat telekomunikasi

d. dari pusat telekomunikasi sinyal diteruskan kepada BTS terdekat kemudian diteruskan ke si penerima

e. setelaH sampai kepada penerima , maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.

 

1

 

 

ARSITEKTUR

 

Bagian-bagian telepon

 

1




 

 


Mekanisme dialing

Mekanisme dialing berfungsi untuk memasukkan nomor telepon yang ingin dipanggil. Mekanisme dialing terdiri dari sebuah keypad dengan 12 tombol, 0-9, bintang (*), dan pagar (#).1

Keypad telepon




Transmitter (Pemancar)

Transmitter atau pemancar juga sering disebut mikrofon. Fungsinya adalah mengubah suara menjadi arus listrik. Arus listrik tersebut kemudian dikirimkan lebih jauh melalui kabel telepon.

Ada 2 jenis pemancar yang digunakan:

1.Pemancar listrik (electric transmitter)

Pada pemancar listrik, terdapat diafragma berbentuk bulat dan sebuah foil listrik yang dipasang di belakangnya. Suara tersebut akan menyebabkan diafragma betar dan getaran tersebut akan memicu arus listrik di foil listrik.

2.Pemancar karbon (carbon transmitter)

Pada pemancar karbon, diafragma dibuat dari aluminium. Suara akan menyebabkan getaran pada diafragma. Dibelakang diafragma logam kecil akan yang berbentuk kubah akan meningkatkan tekanan pada ruang karbon. Kuat arus yangmengalir melalui kabel telepon bergantung pada kuat tekanan pada ruang karbon.1

Transmitter telepon




Ringer

Ringer berfungsi untuk memberikan sinyal adanya telepon yang masuk. Awalnya ringer dibuat dari sebuah lonceng kecil. Sekarang, sebuah chip computer dimasukkan untuk membuat sinyal bunyi (ringtone) dimana kita bisa memilih lagu atau suara lain sebagai ringtone.1



Ringer telepon



Receiver

Receiver berfungsi untuk mengubah arus listrik menjadi suara. Sinyal listrik yang berasal dari suara pengirim akan diterjemahkan kembali menjadi suara oleh penerima.1

Receiver telepon


Perkembangan Telepon selanjutnya adalah pengembangan kabel serat optic pada awal tahun 1980-an. Serat optic berpotensi untuk melayani volume panggilan yang lebih besar dibandingkan dengan satelit dan gelombang mikro

1



JENIS - JENIS TELEPON


Menurut peletakannya

terdapat beberapa macam telepon menurut peletakannya, yaitu;

1. Telepon meja atau tablephone yaitu telepon yang letaknya berada di atas meja.

2. Telepon  dinding atau wallphon, yaitu telepon yang letaknya berada di dinding rumah

3. Telepon mobil, kapal dan pesawat.


Menurut Kapasitasnya

Beberapa pesawat telepon yang digunakan berdasarkan kapasitasnya :

1. Single line telephone, yaitu telepon berupa tombol maupun angka-angka yang bias  diputar. Biasanya telepon ini digunakan oleh orang-orang sebagai fasilitas telepon di rumah.

2. Sistem hunting, yaitu satu nomor telepon yang sudah ditetapkan dan bisa digunakan untuk beberapa saluran. Conothnya telepon rumah sakit, kantor polisi, dll.

3. Telepon pengeras suara, yaitu merupakan telepon yang ridak perlu dipegang saat digunakan.


 Menurut Segi Jarak

Terdapat tiga macam telepon menurut segi jaraknya, yaitu;

1.  Lokal yaitu telepon yang jaraknya masih di daerah yang sama, sehingga tidak perlu menggunakan kode area saat menelepon. Contohnya kedua orang yang terletak dalam satu kota Jakarta.

2. Interlokal yaitu telepon yang mempunyai jarak antar kota. Sehingga saat berkomunikasi terdapat kode-kode area yang harus digunakan.

3. Internasonal yaitu telepon yang dilakukan oleh orang yang berada di Negara berbeda.


TEKNOLOGI DAN PEMANFAATAN

         Jaringan telepon dimulai dari rumah yang terpasang jaringan telepon. Sepasang copper wires berada dikotak yang ada di jalanan yang telah terakses oleh suatu perusahaan telepon, biasa disebut dengan entrance bridge.Dari sana, sepasang wires itu dihubungkan dengan phone jack di suatu rumah yang terpasang jaringan telepon ( wires tersebut biasanya berwarna merah dan hijau ). Di sepanjang jalan terdapat seperangkatkabel tebal dengan 100 pasang copper bahkan lebih. Berdasarkan suatu lokasi, kabel tebal ini akan berhubungan langsung dengan perusahaan telepon yang sesuai dengan area  atau akan berhubungan ke kotak sebesar lemari pendingin yang bertindak sebagai digital concentrator.

 

PEMANFAATAN TELEPON1

Telepon Kabel Sebagai Alat Komunikasi

     Telepon kabel tetap menjadi pilihan berkomunikasi di tengah derasnya kemajuan teknologi yang terus meningkat pada setiap tahunnya. Untuk itulah setidaknya ada 5 alasan masyarakat tetap menggunakan produk utama dari PT. Telekomunikasi Indonesia.

1. Identitas

Telepon kabel merupakan identitas yang paling terpercaya. Buktinya, banyak perusahaan dan perbankan masih memerlukan telepon kabel untuk keperluan administrasi saat bertransaksi dengan konsumen atau nasabah. Bahakan telepon kabel menjadi bagian dari jaminan keabsahan setiap aplikasi.

 

2. Ekonomis

Tarif berkomunikasi suara lewat telepon kabel cukup ekonomis karena lebih murah dan biaya pembayaranyapun secara abonemen.

 

3. Sehat

Berbagai penelitian menyebutkan radiasi yang dipancarkan oleh handset telepon bergerak atau mobile semacam ponsel atau telepon seluler dapat mengganggu kesehatan, mulai gangguan di kepala hingga jantung. Telepon kabel dapat menghindari resiko itu saat berkomunikasi karena tidak mengeluarkan gelombang radiasi apapun. Artinya, faktor kesehatan menjadi prioritas utama mengapa orang masih memilih berkomunikasi dengan telepon kabel ditengah derasnya kemajuan teknologi yang semakin berkembang pesat.

 

4. Mudah dan Praktis

Telepon kabel umumnya mudah digunakan dan praktis sebab nomornya hanya 7 atau 8 digit sehingga sangat mudah untuk menghafalnya, dibandingkan dengan nomor ponsel yang lebih dari 10 digit. Selain itu telepon kabel juga praktis karena dapat di paralelkan ke beberapa nomor sebagai extension di kantor. Cara ini membuat satu nomor telepon kabel dapat digunakan untuk beberapa extension dalam satu kantor sekaligus.

 

5. Aksesibilitas Internet

Telepon kabel memiliki aksesibilitas yang tinggi, terbukti dengan kemampuannya memberi akses internet yang super cepat. Caranya hanya dengan menghubungkan kabel telepon ke komputer atau laptop, bahkan dengan Telkomnet Instan tak perlu harus mencari lokasi yang pas guna menghindari blank spot karena akses internet pasti akan langsung terhubung. Ini akan membuat fungsi telepon kabel tidak hanya berguna untuk digunakan sebagai sarana komunikasi suara, melainakan juga bisa untuk pengiriman data dan gambar dengan menggunakan jaringan berbasis internet. Maka jangan heran jika telepon rumah mampu bersaing dengan ponsel dan perusahaan telekomunikasi lainnya. Telepon rumah juga dapat merajut silaturahim dan mempererat persaudaraan dengan kehangatan berkomuniksi dengan sanak saudara dimanapun mereka berada selagi masih dalam satu dunia.


Pemanfaatan telepon sebagai antenna televisi1

 Kabar terbarunya pada tahun 2011 ini PT. Telkom Indonesia telah menambah fungsi pesawat telepon rumah menjadi sistem penangkap isyarat gelombang siaran televisi, sehingga pemakaiannya tidak perlu lagi menggunakan antena. PT Telkom Indonesia merupakan perusahaan telkomunikasi terbesar di Indonesia untuk itu mereka menggunakan kiat-kiat tersebut untuk tetap mempertahankan pemakaian produk telepon rumah yang dinilai sudah kuno karena dewasa ini masyarakat Indonesia dinilai lebih suka menggunakan telepon genggam. “Dengan adanya regulasi seperti itu, setiap operator telepon diharuskan menciptakan layanan menarik agar produknya tetap dipakai oleh masyarakat.

                                                  

  Dibandingkan provider lainnya, saat ini PT Telkom Indonesia dinilai sangat siap dalam penambahan fungsi tersebut karena memiliki infrastruktur yang mendukung, yakni jaringan kabel dan pengguna di seluruh Indonesia, sehingga teknologinya bisa lebih cepat dikembangkan. Direksi PT Telkom Indonesia sendiri telah mencanangkannya di berbagai kota besar di Indonesia pada November 2010. Sebelumnya Telkom juga telah melakukan penambahan fungsi internet pada produk telepon kabel mereka, yakni akses internet dengan penggunaan perangkat Speedy yang dihubungkan dengan pesawat telepon rumah dan komputer.

 

       Melihat kesiapan PT Telkom Indonesia tentu saja kedepannya pesawat telepon rumah tidak hanya bisa digunakan untuk menelepon saja, tetapi juga untuk mengakses internet dan menonton televisi. Menurut Benny Masela selaku direksi dari PT Telkom Indonesia pemanfaatan fitur telepon rumah ini telah diberlakukan di Maluku, mengingat ada sekitar 30 ribuan pengguna saluran telepon rumah yang mengalami penurunan sebesar 25 persen pada tahun 2005 karena masuknya jaringan telepon seluler.

 


Sumber :

 

http://id.wikipedia.org/wiki/Telepon                    http://www.scribd.com/doc/29484335/Teknologi-Telepon http://komputer-dy7.blogspot.com/2011/09/telepon.html

http://ipv6.postel.go.id/postelfinal/postelweb/download/Bab_06_Bidang_Telekomunikasi.pdf

http://theworldofsocceres.blogspot.com/2012/01/telephone-history-and-parts.html

https://www.komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/media-convergence/12-response-paper-ptk-2013/356-telepon-sebagai-media-telekomunikasi

http://regiamusdalifa.blogspot.com/2012/07/10-cara-kerja-telpon-kabel-dan-seluler.html

http://theworldofsocceres.blogspot.com/2012/01/telephone-history-and-parts.html





 






 

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Minggu, 31 Maret 13 - 22:16 WIB
Dalam Kategori : ALL ABOUT TELEPON KABEL
Dibaca sebanyak : 2274 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback